Pada Rabu (28/2), pemilihan Rektor dan Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia telah sampai pada agenda pemilihan Rektor di tingkat Universitas. Agenda tersebut merupakan kelanjutan dari agenda penjaringan Bakal Calon Rektor di tiap-tiap Fakultas yang diadakan pada Jumat (23/2) lalu.

Berdasarkan penjaringan tersebut, telah ditetapkan dua belas nama dari tiap-tiap Fakultas. Riyanto dan Farida Hayati dari FMIPA, Fuad Nashori dari FPSB, Ilya Fajar Maharika dan Widodo dari FTSP, Rohidin dan Suparman Marzuki dari FH, Dwi Praptono Agus Harjito dan Jaka Sriyana dari FE, Fathul Wahid dan Imam Djati Widodo dari FTI, serta Rahmani Timorita Yulianti dari FIAI.

Rahmani Timorita berhasil menjadi Bakal Calon Rektor dari FIAI setelah memperoleh suara terbanyak dari dua kandidat lainnya, yaitu Tamyiz Mukharam dan Junanah. Menurut keterangan Rahmani Timorita, hasil dari pemungutan suara itu adalah dirinya memperoleh 29 suara, Tamyiz Mukharam memperoleh 21 suara, dan Junanah memperoleh 5 suara.

Akhirnya, pada Kamis (1/3), melalui laman panitia pemilihan, telah ditetapkan dan diumumkan hasil dari pemilihan Rektor dan Wakil Rektor di tingkat Universitas. Dari dua belas nama tadi, terpilih lima nama dengan perolehan suara terbanyak. Kelima nama tersebut adalah Fathul Wahid, Suparman Marzuki, Rohidin, Widodo, dan Dwi Praptono Agus Harjito.

Kelima nama tersebut diagendakan akan menyampaiakan rencana aksi (action plan) di hadapan pengurus yayasan, anggota senat universitas, dosen, dan mahasiswa pada 14 Maret mendatang. Setelah itu, barulah kelima nama tersebut dipilih lagi dalam rapat senat universitas yang diagendakan selesai pada 17 April 2018.

Meski tidak masuk lima besar dalam pemilihan Rektor dan Wakil Rektor di tingkat Universitas tesebut, Rahmani Timorita memiliki beberapa harapan terhadap rektor yang akan terpilih kelak. “Harapan saya juga pasti harapannya mahasiswa. Harapannya stakeholder yang lain,” jelas Rahmani Timorita.

 “Kita selama ini berucap-ucap rahmatan lil ‘alamin, tetapi sebenarnya rahmatan lil’alamin yang implementatif itu seperti apa? Mudah-mudahan nanti dapat dirumuskan secara lebih kongkrit oleh rektor yang baru dan jajarannya supaya bisa lebih mudah untuk diimplementasikan,” harapnya.

Rahmani Timorita menambahkan, bahwa seorang rektor hendaknya juga memiliki kualifikasi akademik dan kualifikasi spirutual. Dan yang paling utama dari dua kualifikasi itu, seorang rektor harus amanah. “Kan ada track record-nya, pengalamannya, kapasitas penguasaan keilmuannya, dan kapasitas-kapasitas networking-nya.”

Wanita yang empat bulan lagi genap berusia 54 tahun itu, memulai karir sebagai dosen di UII sejak tahun 1992. Pada awalnya, Rahmani Timorita merupakan pengurus Jurnal Al-Mawarid Fakultas Syariah. Ia mengaku dirinya pernah juga menjadi kepala di Pusat kajian dan Bantuan Hukum Islam (PKBHI).

Rahmani Timorita menceritakan, dirinya pernah tidak menjabat sama sekali ketika menempuh pendidikan S2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kemudian setelah rampung dari studinya itu, ia tepilih menjadi Ketua Bidang Keuangan dan Umum di Magister Studi Islam (sekarang Magister Ilmu Agama Islam).

Ia mengungkapkan, sebelum menjadi Ketua Prodi Ekonomi Islam sampai sekarang, dirinya pernah juga menjadi pengurus Jurnal Ekonomi Islam “La Riba”. Diketahui, dirinya berhasil meraih gelar doktoralnya setelah berhasil mempertahankan disertasi pada sidang terbuka promosi doktor di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta empat tahun lalu.

Ia pun menjelaskan bahwa pencalonannya sebagai rektor dikarenakan dirinya telah memenuhi kualifikasi sebagai rektor sebagaimana diatur dalam statuta baru UII. “Sebenarnya masalahnya bukan mau atau tidak mau. Kalau di statuta yang baru itu semuannya harus mau yang memenuhi kualifikasi.”

Ketika ditanya mengenai keinginan dirinya menjadi rektor, dirinya menjawab bahwa sejak dulu ia tidak pernah menargetkan dirinya untuk menjadi rektor. “Kalau bisa itu jadi dosen aja. Akrab dengan mahasiswa, bisa penelitian bareng dengan mahasiswa,” jawab Timorita.

(Muhammad Iqbal Firdaus)

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *