PilarDemokrasi.com – Demi meningkatkan ghirah dan wawasan mahasiswa baru, Ta’aruf Mahasiswa (TAMAH) Fakultas Ilmu Agama Islam UII menghadirkan webinar inovatif pada Rabu (23/9). Acara bertemakan “Optimalisasi Pergerakan Mahasiswa di Tengah Pandemi” itu dibersamai oleh Gamal Albinsaid, dokter yang juga wirausahawan sosial.

Saat mengisi webinar, dr. Gamal—sapaan Gamal Albinsaid—menegaskan, mahasiswa sudah seharusnya mampu lebih produktif dan berpikir tentang masa depan. Mahasiswa juga dituntut untuk lebih aktif berkontribusi terhadap kampus dan bahkan lebih luas lagi, yakni bagi bangsa.

“Saat ini, sudah seharusnya bagi kita untuk memberikan sebuah kontribusi bagi seluruh elemen masyarakat, bukan hanya di ranah pribadi saja. Tapi kita perlu untuk memberikan kontribusi aktif untuk universitas maupun untuk bangsa Indonesia sendiri,” tutur pengusaha yang menggagas berdirinya klinik asuransi sampah dan bank sampah itu.

Selain itu, ia juga menceritakan kisahnya selama menuntut ilmu di kampus. Ia menyebut, Indeks Prestasi (IP) tinggi bukan menjadi patokan dalam berkontribusi di tengah tengah masyarakat. Sehingga, saat itu ia memutuskan aktif berorganisasi dan lebih giat terhadap masalah sosial.
“IP tinggi di angkatan. Tapi saya berpikir, masa ya kuliah kedokteran 5 tahun mau seperti itu. Akhirnya saya mulai gabung organisasi, tahun kedua saya menjadi ketua organisasi. Lalu saya berfikir buat next,” ungkap alumnus Universitas Brawijaya itu.

Di akhir pembicaraan, ia berharap agar mahasiswa tidak hanya menjadi kupu-kupu (kuliah-pulang) atau mahasiswa yang kura-kura (kuliah-rapat). Akan tetapi, beliau menegaskan kepada seluruh peserta untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi di kampus dan memiliki kontribusi besar di tengah tengah masyarakat kelak.

Hari H TAMAH berlangsung dua hari dengan durasi yang terbilang singkat. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, TAMAH daring kali ini hanya berlangsung dari pagi hingga siang sebelum waktu Zuhur. Meski singkat, beberapa agenda penting seeprti penjelasan akademik dan kelembagaan di UII, khususnya FIAI, tetap ada.

Agenda lainnya, social project (sospro), juga tidak terlewat di TAMAH tahun ini. Selaras dengan tema webinar, sospro memilih “Peran Mahasiswa Milenial di Kala Pandemi” sebagai tema. Kegiatan sosial masing-masing jamaah (kelompok) TAMAH terkait protokol kesehatan didokumentasikan dalam bentuk video. Selain menjadi wujud kepekaan sosial, sospro juga memacu kreativitas dan keakraban antar anggota jamaah.

“Mereka itu nanti kegiatannya kayak pemakaian hand sanitizer, kemudian membangun tempat cuci tangan di lingkungan masjid, rumah sakit, dan sebagainya. Kenapa kita adakan sospro? Karena supaya mereka itu lebih kreatif, selaras juga dengan tema utama kita (Meneguhkan Persatuan) supaya mereka lebih akrab satu sama lain,” tutur Rizal selaku ketua panitia.

 

Penulis  :  Akhmad Abdussalam
Editor    :  Husain Raihan
Foto        : malang.merdeka.com

Reportase bersama:
Ilham Bayu Nugraha, Nadhira Arsya Diva, Abdul Khaliq Napitupulu

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *