Pelaksanaan Ta’aruf Mahasiswa (TAMAH) tahun ini tidak dihadiri oleh ketua DPM dan LEM FIAI. Hal tersebut terjadi lantaran belum adanya ketua LEM dan DPM FIAI definitif. Dalam acara pembukaan pada senin kemarin (22/08/16) di lapangan utara GOR, sambutan ketua DPM dan LEM diwakili oleh ketua presidium satu, Faisal Mandau. Belum terpilihnya pimipinan legislatif ini dikarenakan belum selesainya pelaksanaan Sidang Umum FIAI. Bahkan SU ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Menurut faisal, penundaan (pending) disebabkan oleh jumlah peserta sidang yang tidak memenuhi quorum. Dirinya menambahkan, peserta sidang yang juga sekaligus anggota legislatif terpilih mayoritas berasal dari angkatan 2013 saat ini sedang melaksanakan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) sehingga tidak dapat mengikuti jalannya Sidang Umum.

“Kita bukan ngga komitmen karena akademik atau apa, tapi dari kita (melihat persoalan ini) yasudah, jadwal kita memang harus menjalankan ini (TAMAH), yang KKN dan PPL memang tidak bisa ditinggal,”jelas Faisal.

Selama belum ada Pimpinan LEM dan DPM yang baru, penanggung jawab dari pelaksanaan TAMAH adalah ketua Tim Kerja yang berasal dan dibentuk oleh legislatif terpilih berdasarkan kesepakatan seluruh anggota. Tim kerja dibentuk sebelum SU Fakultas dimulai dan secara otomatis dibubarkan ketika pimpinan presidium telah ada. Sehingga menurut Faisal, dalam tataran pelaksanaan acara kekosongan pimpinan DPM dan LEM tidak terlalu memberikan pengaruh besar.

Terkait Laporan Pertanggungjawaban dari acara ini, ketua Tim Kerja, Ali Nur Alamsyah berharap LPJ bisa disampaikan nantinya kepada pimpinan LEM terpilih. Namun, jika sampai LPJ jadi dan ketua LEM belum terpilih, maka Laporan tersebut menjadi kewenangan pimpinan presidium yang ada.

Secara khusus, Ali moyoroti molornya proses lobi untuk memilih ketua DPM U beserta jajarannya yang sampai hari ini belum kunjung selesai.

“Ini imbas dari (SU) universitas. Karena lamanya (SU) universitas ini juga menghambat kegiatan di fakultas,” kata Ali.

Terhitung sudah hampir dua bulan Sidang Umum Universitas berjalan dan sampai hari ini ketua DPM yang baru belum ditetapkan secara definitif. (Ghazian Luthfi Zulhaqqi/Pemimpin Umum, Mahasiswa Hukum Islam 2014)

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *