PilarDemokrasi.com – Pandemi tidak menjadi penghalang Pesona Taaruf Universitas Islam Indonesia (Pesta UII) 2020 dihelat. Orientasi mahasiswa baru yang digelar tiap tahun ini berlangsung mulai Rabu (9/9) hingga Ahad (13/9) secara daring. Acara disiarkan langsung di kanal Youtube Pesona Taaruf UII dan Zoom Meetings.

Pesta UII 2020 mengangkat tema “Mahasiswa UII Generasi Insan Ulil Albab sebagai Pondasi Pembangunan Tatanan Baru”. Seperti yang dilansir di akun Instagram resminya, pada tema ini mahasiswa UII, khususnya mahasiswa baru (maba) merupakan subjek yang akan berproses menjadi generasi Ulil Albab dengan kriteria mu’abbit (taat ibadah), mujtahid (berpikir dalam tindakan), mujahid (siap berjuang di jalan Allah), dan mujadid (pembaharu). Hasil dari proses ini diharapkan dapat menjadi pondasi pembangunan tatanan baru.

Pembukaan pada hari pertama, Rabu (9/9) pagi diawali dengan berbagai sambutan. Hal berbeda dalam susunan penyambutan tahun ini yakni adanya sambutan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X yang disampaikan Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Rangkaian Pesta UII 2020 resmi dibuka oleh Rektor UII Fathul Wahid dengan pemukulan gong.

Sejumlah tokoh dari berbagai latar belakang dihadirkan di Pesta UII kali ini. Tokoh nasional yang juga alumni UII seperti Busyro Muqoddas dan Mahfud MD, penulis Maman Suherman, Kalis Mardiasih, dan Dedik Priyanto dihadirkan menjadi pembicara. Dua sosok pemuka agama, KH. Bahauddin Nursalim dan Ustaz Das’ad Latif, serta budayawan Ridwan Saidi turut menjadi pembicara. Selain itu, konten kreator Skinny Indonesia 24 juga menyapa dan menghibur maba di Pesta UII 2020.

Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai, Fathul Wahid menyampaikan materi pada salah satu webinar soal menjalani tatanan baru di kampus UII. Dokter yang sempat menjadi bagian Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro turut dihadirkan, membahas bagaimana pencegahan penyebaran Covid-19 serta sikap masyarakat terhadap pandemi.

Meski berlangsung daring sepenuhnya, panitia Pesta UII 2020 coba menyiasati acara agar tetap tecipta suasana yang diinginkan. Ada kalanya di sela acara, disiapkan games berhadiah bagi maba untuk ikut serta. Hal ini direspon positif oleh salah satu maba peserta Pesta UII 2020, Sekar Arum Nurussyifa.

“Ospek UII buat tahun ini seru kak. Ada gamesnya jadi ngga bosan. Pokoknya seru deh,” ucap maba Jamaah 82 itu. Senada, Muhammad Rafly, maba Fakultas Hukum dari Jamaah 58, juga menyebut games yang ada menjadikan peserta tidak bosan.

Kendati demikian, Pesta UII daring ini juga memiliki kendala. Seperti yang diutarakan Ketua Steering Committee (SC) Akbar Daffa saat forum pers Sabtu (12/9). “Kendalanya tentu ada di komunikasi, yang biasanya berkomunikasi lewat langsung sekarang harus memaksimalkan komunikasi lewat daring yang halangannya berupa sinyal dan jaringan yang membuat sedikit kendala,” sebutnya.

Ia juga menyebut kendala dalam perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi intra kampus, “Kami juga memiliki kendala dalam memperkenalkan UKM dan lembaga internal karena tidak semua lembaga bisa memperkenalkan UKM atau lembaganya lewat video, dan alhasil dari ke-21 UKM tersebut tidak bisa diperkenalkan dengan baik,” sambungnya.

Tak sampai di situ, keterbatasan paket data internet dan jaringan yang tidak memadai di sebagian tempat maba juga menjadi masalah lain. Namun, disebut Akbar Daffa, memberikan pulsa atau paket data kepada tiap maba sulit dilakukan.

“Kami berupaya dengan memberi hadiah atau giveaway berupa data kuota gratis, karena kami tidak mungkin langsung memberi kuota gratis buat ribuan mahasiswa baru. Hal yang terbaik yang bisa kami lakukan ya memberi hadiah atau giveaway tersebut,” ucapnya.

Di hari terakhir, diadakan konser amal dalam rangka membantu masyarakat dan tenaga medis yang terkena dampak pandemi. Konser ini diramaikan oleh beberapa musisi seperti Kunto Aji, Endah N Resha dan Adhitia Sofyan.

 

Penulis: Galih Naufal Pramudito

Editor  : Husain Raihan

Foto      : Youtube/Pesona Taaruf UII

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *