Pilardemokrasi.com. Malam Keakraban (Makrab) merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperkenalkan Fakultas Agama Islam (FIAI) kepada mahasiswa/i baru. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan makrab kali ini digabungkan dalam acara Ta’aruf Mahasiswa (Tamah) VII yang berlangsung pada tanggal 29 Agustus hingga 1 September 2019.

“Untuk saat ini agenda makrab digabung karena setiap kita mengadakan acara makrab itu selalu terlambat dan akhirnya malah banyak yang gak ikut. Kalau misalkan kita mengadakan makrab sebulan atau semester setelahnya, ya kita kan kebanyakan sudah akrab, fikiran mereka seperti itu toh. Saya sudah akrab ngapain saya makrab. Itu kita ambil pelajaran dari tahun-tahun sebelumnya. Daripada kita dari panitia malah membuang-buang energi, makanya kita di tahun ini punya inisiatif, gimana kalau tamah sama makrab dijadikan satu acara tapi dengan rangkaian yang berbeda,” ujar Gusti Fazari Haikal, ketua panitia Tamah VII 2019 saat ditemui pada hari Kamis (29/8).

Berlokasi di Jaka Garong, Turi, Sleman, Yogyakarta, acara tamah yang diikuti kurang lebih 536 mahasiswa baru FIAI diberangkatkan ke lokasi makrab menggunakan transport bus yang telah dikoordinir oleh panitia Tamah. Malam api unggun pun menjadi rangkaian awal kegiatan makrab. Sembari menghangatkan tubuh di sekitaran api unggun, beberapa penampilan dari peserta makrab juga turut menyemarakkan acara. Terakhir, kegiatan api unggun ditutup dengan  agenda muhasabah yang disampaikan oleh ketua panitia pelaksana.

Ketika mentari mulai tampak bersinar, para peserta pun mulai dikumpulkan kembali untuk melakukan kegiatan pagi santuy. Kegiatan tersebut diawali dengan agenda senam pagi dan olahraga serta dilanjutkan dengan hiking perjamaah. Tak kalah seru, bahkan agenda colour fun dan pembuatan koreo tulisan Tamah VII juga turut mewarnai kegiatan makrab. Apalagi saat  pemilihan Dimas dan Diajeng yang kelak akan menjadi ketua angkatan 2019. Melalui pemilihan dimas dan diajeng diharapkan dapat menghidupkan kembali moto FIAI yaitu saudara sampai mati. Rangkaian kegiatan makrab pun berakhir, dengan dimeriahkan oleh guest star dari ‘Finest Three’.

 

 

Penulis                         : M. Fadel Assidiq

Editor                           : Mu’arifatur Rahmah

Reportase Bersama   : Inggried Alivia Damayanti, Zidan Alfiqri

Foto Oleh                     : Inggried Alivia Damayanti

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *