Ket. Foto: Dekan FIAI UII Tamyiz Mukharrom saat memberi sambutan di TAMAH 2020, Selasa (22/9).

 

PilarDemokrasi.com – Taaruf Mahasiswa (TAMAH), orientasi mahasiswa baru Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (FIAI UII) dihelat sesuai protokol kesehatan mulai Selasa (22/9) pagi. TAMAH kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara daring. Peserta TAMAH 2020 tidak perlu datang ke lingkungan kampus UII, mengikuti instruksi Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI yang meminta setiap institusi pendidikan tinggi berkegiatan melalui sistem daring.

Ketua Pelaksana TAMAH 2020 Rizal Zainuddin dalam sambutannya mengucapkan ahlan wa sahlan kepada peserta, mahasiswa/i baru (maba-miba) FIAI UII. Rizal juga menuturkan bahwa tujuan acara TAMAH ini untuk memperkenalkan ruang lingkup fakultas dan dinamika kampus, mempererat tali silahturahmi, dan keakraban, selaras dengan tema TAMAH 2020, yaitu “Meneguhkan Persatuan”.

Selain itu, Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM FIAI) Indra Pranata dalam sambutannya menuturkan keistimewaan mahasiswa. Hal ini dikarenakan perannya yang besar di tengah masyarakat.

“Menjadi seorang mahasiswa suatu hal yang sangat istimewa, karena kita harus selalu peka terhadap keadaan sosial dan sebagai penyambung lidah rakyat, menjadi seorang mahasiswa diharuskan selalu terjun di masyarakat dan selalu berpikir kritis dan menjadi seorang yang dinamis,” ucapnya. Ia berharap maba-miba bisa selalu berprestasi di ranah organisasi, akademik maupun yang lainnya.

Sambutan dari jajaran lembaga kemahasiswaan ditutup oleh sambutan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM FIAI). Dalam sambutannya, Tri Sasono Hadi mengucapkan selamat bergabung di keluarga besar FIAI UII. Tri juga menuturkan TAMAH 2020 adalah gerbang awal untuk para maba-miba untuk memasuki lingkup ruang fakultas dan juga bisa ikut berkontribusi dalam berlembaga dan berproses di lingkup fakultas.

Tri juga menegaskan agar mereka, maba-miba, tetap mengikuti TAMAH 2020 dengan semangat dan tidak menjadikan masa sulit ini sebagai alasan untuk tidak mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang ada. Harapannya agar mahasiswa tetap menjadi insan ulil albab dengan berpikir kritis.

TAMAH 2020 dibuka secara simbolis oleh Dekan FIAI UII Tamyiz Mukharrom usai memberi sambutan secara asinkron, berupa video rekaman. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwasanya dunia mahasiswa adalah dunia yang berbeda. Ditegaskan olehnya, sebagai mahasiswa kita harus mandiri dan selalu berinovasi.

Usai pembukaan simbolis, divisualkan video pendek yang berisi kata-kata dari sejumlah panitia sesuai dengan tema TAMAH 2020. Dalam video tersebut, terangkai ucapan selamat kepada maba-miba atas bergabungnya mereka di keluarga besar FIAI UII.

TAMAH 2020 berlangsung dua hari, hingga Rabu (23/9) esok. Sehari sebelum TAMAH 2020, telah dilaksanakan Pra TAMAH (21/9), serta Simulasi TAMAH beberapa hari sebelumnya.

 

Penulis : Abdul Khaliq Napitupulu

Editor   : Husain Raihan

Gambar: Youtube/Ta’aruf Mahasiswa

 

Reportase bersama:

Nadhira Arsya, Ilham Bayu Nugraha

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *